MKK05 Pengenalan Program Kerja Rutin Dept. Keuangan

Pada Departemen Keuangan, program kerja bisa dikategorikan menjadi 2 jenis, Rutin per Bulan dan insidental(sesuai waktunya). Berikut ini penjelasan tentang apa saja Program Kerja Dept.Keuangan KOKESMA 2011 :

 

Rutin per Bulan

 

1. Pemeriksaan Bukti Belanja : Memerikasa bukti-bukti pengeluaran guna pembayaran, surat-surat kesepakatan kerjasama, faktur-faktur dan kuitansi kuitansi. intinya memeriksa setiap pengeluaran/pemasukan harus ada buktinya.

 

Pada pelaksanaannya, pemeriksaan bukti2 belanja div usaha, untuk Tokema sudah rapi dan sangat mudah(di buat Teh nani). Untuk KBL agak rumit, mengingat beberapa tulisan sulit dibaca dan penyimpanan yang kurang rapi. Untuk CIC cukup rapi oleh karyawannya. Kemudian untuk Pusat, sebenarnya ini yang agak sulit, karena menuntut kedisiplinan pengurus. Karena, divisi non usahakenyataannya banyak bukti pembayaran yang ga ada ataupun hilang. Kemudian blm ada penyimpanan yang khusus.(akan saya buat). 

 

# jangan lupa mencatat tanggal pemeriksaan dan hasilnya.

 

2. Penyusunan Laporan Keuangan : Memindahkan pencatatan yang sudah dibuat karyawan dan sudah di cek lewat proker nomor (1) ke dalam software excel. Hasil dari laporan keuangan yang dibuat meliputi laporan Laba-Rugi, Neraca, dan laporan Arus kas. 

 

agar tidak memperberat kerja proker ini, sebaiknya di cicil seminggu sekali. semua data ada dikaryawan. Tokema, Pusat, KBL ada di Teh nani. sedangkan CIC ada di Kary CIC, pak Rida. Kemudian perlu di ingat, pembuatan Laporan Keuangan ini penting sebagai penunjuk kinerja div.usaha dan bahan analisa untuk kedepannya. Dan idealnya, laporan keuangan bisa terbit tiap bulan sekali. 

 

3. Analisa Laporan keuangan : melakukan analisa dari hasil laporan keuangan. Hasil dari laporan tersebut diserahkan pada masing-masing kadiv.usaha ataupun pengurus yang membutuhkannya. Beberapa analisa yang dipakai :

  • Omzet : bisa diliat dari labarugi tiap bulannya. Analisa ttg omzet biasanya membandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya dan juga bulan itu pada tahun kemarin. Untuk melihat lebih rinci jenis produk apa yang naik/turun bisa juga di liat di labarugi.  Tokema ada pada software Zahirnya, untuk KBL dan CIC ada di labarugi nya. Dan agar lebih baik, untuk setiap bulan para kadiv usaha menetapkan target omzetnya.
  • Laba/Rugi Bersih : bisa diliat di labarugi juga. Sama seperti Omzet proses menganalisanya.
  • Biaya Operasional : Biaya operasional dan rinciannya bisa dilihat di labarugi. Sama seperti omzet menganalisanya.
  • Grafik : dengan cara membuat grafik dari 3 aspek di atas. dan bisa juga mencari hubungan antara biaya operasional dan
  • Intisari Statistik Deskriptif: bisa menggunakan intisari statistik (mean, standar deviasi, variansi, dln)

 

4. Perhitungan Kas Riil/Cash Opname : memeriksa kas yang dibawa dan dipegang karyawan dan saldo akhir pada laporang keuangan. Tokema,KBL, dan Pusat bisa di teh nani,untuk CIC ke Pak Rida.

 

# jangan lupa mencatat tanggal pemeriksaan dan hasilnya.

 

5. Pelatihan SDM KOKESMA : pelatihan ini untuk semua pengurus kokesma. Sebaiknya diadakan rutin minimal sebulan sekali. Untuk bentuk pelatihan dibikin sederhana aja, sharing-sharing aja tentang bagaimana membaca keuangan, bagaimana menganalisanya dan mendiskusikan untuk tindakan kedepannya. Tujuannya agar div.usaha juga dapat inputan dari pengurus.

 

6. Pengurusan pajak pasal 21 :  pengurusan PPh pasal 21 dari karyawan, setiap bulannya maksimal tanggal 20. Jika sekarang Bulan Oktober, maka di berkas bulan pajaknya September.  

 

“Jika sempat… “

kamis 23 Juni 2011 pukul 01.30 WIB @kamar Mas Nunuk
tadinya pengen bikin notes di fb via HP. ternyata ga bisa, koneksi hilang terus.mungkin karena kebanyakan ketikannya jadi gabisa.akhirnya buka laptop and ngetik di notepad++ ini.

“JIKA SEMPAT…..”
terkadang buah-buah pemikiran bagus datang sebelum mengistirahatkan raga(tidur).
entah kenapa banyak hal yang terlintas di otakku saat ini.
padahal raga sudah menuntut untuk istirahat.
ketidaksinergisan otak dan tubuh malam ini terjadi.
au*an pu sudah mewangi di kaki dan tanganku.
gelap juga sudah menguasai kamar sempitku.
nyamuk juga sudah berdengung di sekitar kupingku seperti berbisik,
tidurlah nak dan sumbangkan sedikit darah segarmu.
seperti kejatuhan ide dari langit saja,
atau seperti bocornya bendungan pikirku,
meminta untuk dipikirkan saat ini juga.
ya, ide-ide yang menuruku brilian.
banyak hal, dari tanggung jawab, tantangan, inovasi, targetan, hingga teknis nya pun aku pikirkan.
hohoho…. benar-benar liar pikirku malam ini.
kemudian pertanyaan-pertanyaan datang,
apakah ide-ide itu hanya lewat??
ouh, tidak bisa.masa cuma lewat begitu saja.
feasible di realisasikan ga?
feasible banget.
akankah semua dilaksanakan?
seperti sebuah pertanyaan di rapat kerja saja. dan kujawab sendiri,
ya, JIKA SEMPAT…

dan salah satu ide bagusnya adalah,
menulis setiap ide yang datang,
yang penting “ide harus tertulis!”
dalam coretan kah, di dalam note2 kecilkah, ataupun dalam draft sms.

AKADEMIK emang nomor satu…

huaaaaaaa…..semester gila ini ga terasa uda mau berkahir aja, dan sekali lagi, aku berdoa :”Ya Allah, Ya Rahman Ya Rahim… semoga semester ini berakhir dengan di iringi tangisan kebahagiaan dan kepuasan, apapun hasilnya di akhir semester ini, sujud syukurku tetap kuhaturkan hanya kepadaMu”

 

Semester yang di awali oleh banyak sekali senyum akan mendapat banyak pengalaman baru ini, membuat akademik sedikit tergeser posisinya di hari-hariku. Dari mulai 2 organisasi memberiku amanah lebih, keingintahuanku akan magang sehingga aku magang dengan modal pengetahuan seadannya, dan beberapa kompetisi keren yang aku ikutin dengan sedikit persiapan. Di awal, akademik aku remehin. “Santai ahh, mata kuliah ini A / AB dapet lah…”. ,membuat pikiranku di kelas bukanlah apa yang di sampaikan dosen saat itu. Melainkan suatu pikiran akan agenda2 luar akademik yang terdekat, sms jarkom ke staf2 danmaganger2ku lah, bljr materi magang lah, bikin rencana2 langkah strategis untuk hari2 kedepan lah, mikir TA dan PW ma siapa lah ,dsb.hoah… dan jujur semester ini aku mengalami titik kejenuhan akut dengan materi2 kuliah, ntah kenapa hal ini juga dirasakan beberapa matematikawan muda disini. Plus smt ini emang jumlah jam di kelas relatif lebih sedikit dibanding semester sebelumnya, sehingga serasa banyak waktu kosong, dan motivasi belajar sangat dikit. Padahal dibalik itu, tugas super dahsyat banyaknya kurasakan semester ini. Di tengah ujian2, kuis tiba2, tugas2 belum lagi tuntutan dari amanah yang sudah kuterima… waktu serasa sangatlah cepat berputar…*sindrome deadliner tugas, dan pembalap dalam belajar (SKS- sistem kebut sejam) untuk ujian.*

Alhasil, salah satu parameter di dunia perkuliahan ini, yaitu NILAI, sangatlah memperihatinkan…

ga di pungkiri, nilai/indeks merupakan targetan utama selain itu,ilmu aplikatif nya yg di incar…

nilai semester ini, ada yang monoton turun dr beberapa kali ujian, ada yang nol, ada yang diluar ekspektasi(kayanya bisa, ternyata jeblok),ada yg terlalu pasrah hingga cuma belajar skimming materi 1 jam sebelum ujian, ada yang asal2an dsb…huaaa…pengen teriak AAAArrrrgrrhh…..sehingga karena hal-hal di atas, salahnya aku malah jd tambah bosen akan kuliah, kegalauan meningkat… :P

 

Okelah itu kmrn, masih ada kesempatan memaksimalkan potensi perolehan di hari2 terakhir semester ini.

Tugas-tugas ini, meski pun persentase dari NA kecil dan Nguli buatnya, gpp lah, ga rugi juga meski ngaruh secara indeks ga begitu keras, hahaha… CMIIW

 

akhirnya aku sadari akademik nomor satu di atas kesibukan lain, dalam hal :

- membuat galau- menegur diri

- membuat hal-hal  non akademik lebih menyenangkan

- dln

 

hahahahha… mana ya,  semangat belajar yg dulu menguras peluhku dan memenuhi waktu luangku…??

 

yah berharap semuanya akan baik-baik saja dan tiada penyesalan berlarutan di kemudian hari…@kamar F2 Asrama KP WIB 26/04/2011 21:21

 

8 juni 2011 @warnet Global.net (deket rumah)

ALHAMDULILLAH…

Hasil akademik semester ini uda benar2 keluar. Hasil ini, yg sempat aku takutkan, tak mampu mendobrak air mata ku untuk keluar. Namun hasil ini membuat batinku berteriak, lafadz Tahmid membasahi bibir , dan kepuasan diri sesaat membuatku senang. Evaluasi diripun sangat dibutuhkan. Penyusunan rencana-rencana untuk menghadapi semester depan yg pasti lebih berat dari semester2 lalu wajib dilakukan. yah Manusia merencanakan, namun Allah yang menentukan.

Tingkat 4, tahun ke-4,  InsyaAllah menjadi tingkat “terakhir”ku di bangku perkuliahan. Kata “terakhir” itupun tak secara mudah terwujud, perlu usaha ekstra untuk mewujudkannya. :)

 

 

SOP pelaporan pajak pasal 21 (KOKESMA ITB)

SOP (Standard Operational Procedure)
Pelaporan Pajak Penghasilan (PPh) KOKESMA-ITB Pasal 21

Beberapa hal tentang PPh pasal 21.
Pelaporan PPh pasal 21 setiap bulan.
Pelaporang PPh pasal 21 paling lambat tanggal 20 setiap bulannya.

Tahapan pelaporan pajak PPh pasal 21 :
Mengambil Formulir SPT pasal 21 di kantor pajak : meminta kepada petugas pajak disana, formulir di meja depan pintu kantor pajak.
Menyiapkan berkas-berkas penggajian dengan meminta kepada teh Nani atau Staf personalia masing-masing divisi usaha.
Apabila sudah dapat berkas penggajiannya, klasifikasi karyawan menjadi karyawan tetap dan tidak tetap.
Mengisi SPT PPh pasal 21
Jangan lupa untuk tanda tangan Kepala Departemen Keuangan dan Setempel KOKESMA.
Teliti kembali kotak-kotak isian SPT
Laporkan SPT PPh pasal 21 ke kantor pajak : mengambil antrian kemudian menunggu giliran.
Setelah itu jangan lupa meminta bukti pelaporan PPh pasal 21.
Ucapkan terima kasih kepada petugas kantor pajak. ^_^

Panduan Pengisian Formulir Pajak
1.Bagian A – Informasi Wajib pajak.

Tahun kalender : di isi dengan tahun pelaporan pajak. Saat ini 2011.
Masa pajak : diisi dengan bulan dan tahun pelaporan pajak.
NPWP : diisi dengan NPWP KOKESMA-ITB : 01 583 485 6 423 000
Nama WP : KOKESMA – ITB
Alamat : Jalan Ganesha 10. Gedung Ex-MKOR Kampus ITB
Nomor telepon : 022-2511394

2.Bagian B

Nomor 6 Pegawai Tetap , pada kolom Jumlah penerima penghasilan : isikan dengan jumlah karyawan tetap KOKESMA, kemudian di kolom Jumlah Penghasilan Bruto : isikan total jumlah gaji karyawan tetap.
Nomor 8 Pegawai Tidak tetap, pada kolom Jumlah penerima penghasilan : isikan dengan jumlah karyawan tidak tetap KOKESMA, kemudian di kolom Jumlah Penghasilan Bruto : isikan total jumlah gaji karyawan tidak tetap.

3. Bagian E

  • Centang kotak Pemotong pajak (pimpinan)
  • Nama : di isi dengan nama Kepala Dept.Keuang/ kadiv Bendum / Kadiv Keuangan
  • NPWP di isi dengan nomor NPWP Kadiv/Kadep Keuangan

Missal : MIFTAKHUL FALAH

69 993 092 1 513 000

  • Tanda tangan kadep/kadiv. Kemudian Setempel KOKESMA di atas tanda tangan Kadep/kadiv
  • Jangan lupa tanggal pelaporan.

4. bagiankolom nama, di isi dengan nama karyawan.

kolom jumlah kena pajak, di isi gaji kayawan masing-masing.

mohon maaf kalo ada kesalahan dam kekurangan, penulis menerima saran dan kritik yg membangun.

terima kasih ^^ semoga bermanfaat

_falah_208.084

Monolog akhir dari Kenzo (Proposal Daisakusen)

(Kenzo Monolog)
I will make you happy.
I will definitely make you happy.
We might fight some more…
You’ll have more complaints about me…
There will be times I won’t listen…
But I want you to always be by my side.
Because I will look after you forever.
Please…
Marry me.

…Please take care of me…(Jawaban Rei)

^^

Pinjem Gelas aja Pak, :D

Ini merupakan salah satu cerita gila ku di waktu SMA. Takut akan memori ini hilang, jadi aku tulisin di Blog berantakan ku ini.

Seingatku, ketika itu hari sangat panas, aku dan beberapa temenku sedang maen ke kaliwungu ke rumah Indri (teman sekelasku). ….kemudia….waktunya jam makan siang, trus Indri mengeluarkan teko penuh dengan es Marimas jeruk. Padahal aku dan temen2ku uda mau pergi ke warung makan bakso deket situ. yah daripada mubadzir, aku bawa aja teko penuh dengan es marimas jeruk itu ke warung.

Kemudian sampailah kami di warung baksonya itu. Di perjalanan,lumayan jadi pusat perhatian, heheheh… dan temen yg berjalan di belakangku ngetawain aku.. hehe..
Kami pun pesan segera bakso.
Pada awalnya aku agak malu untuk ngomong, tapi aku beranikan diri aja, heheh…
“Maaf Pak, bisa pinjam gelas kosong 5?” :D

dan bapaknya melihat ke arah teko yang aku bawa. Sambil tersenyum aku jelasin ke bapaknya, kalo kami uda bawa minum dari rumah Indri. :D
akhirnya bapaknya ngambilin gelasnya, dan aku dan temen2ku menahan ketawa.. :P
selesai makan, kami bayar dan mengucapkan banyak terima kasih ke penjual Baksonya… :D

Dalam perjalanan pulang, aku membawa teko kosong sambil tertawa bersama temen2ku.. haaahhahaha…

yah, itu salah satu kekonyolanku di waktu muda (*emang skg uda tua?heee)

Huygens Principle – Tugas Presentasi PDP 1/5 Nilai Akhir = mabok , haha

PDP semester ini 3 sks menggantikan Man.Inov dari TI yg gabisa diambil, ntah alasannya apa, menyebabkan kuliah ku full matkul Matematika, seperti semester kmrn juga. hmmm… awalnya spekulasi aja milihnya, karena sama-sama 3 sks, mumpung dosen wali ngebolehin maksimal ngambil mpe 21 sks, biasnya kagak boleh. :P
yup, dosen waliku, a legendary lecturer, pak Koko Martono. Dosen yang kental akan life skill yang sering dia bawa di sela-sela kuliahnya.

back to topic,
apa itu Huygens principle??

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.