Sekilas Tentang Latex


Apa itu Latex?? Hmm saya pun denger kata ini setelah menginjak bangku kuliah. Disini akan saya jelaskan bertahap.

Latex adalah suatu piranti lunak atau software pengolah kata untuk membuat sebuah dokumen, seperti Microsoft Word yang lazim kita kenal. Tapi apa bedanya Latex dengan Microsoft Word?? Sabar ya… sedikit pengetahuan tentang sejarah latex dulu.

Sejarah LaTeX bermula pada tahun 1977. Adalah Donald E Knuth, ahli pemrograman komputer di Universitas Stanford, yang pertama kali menciptakan program pengolah kata ini. Berawal dari keprihatinannya atas penurunan kualitas cetak dari buku yang ia tulis, Knuth menulis program komputer untuk mengolah kata yang ia sebut sebagai TeX.

Bersama program itu, Mei 1977 ia juga menulis program METAFONT untuk mendesain bentuk serta ukuran huruf yang akan dicetak. Meski kedua program menjadi sangat populer di kalangan ilmuwan, TeX kurang begitu ramah terhadap pemakainya karena dirasakan sebagai bahasa yang lebih dekat dengan mesin ketimbang manusia.

Tahun 1980 Leslie Lamport, ilmuwan komputer lulusan Universitas Brandeis, menciptakan sistem preparasi dokumen berbasis program TeX. Sistem ini mengubah TeX menjadi lebih mudah dipakai dan manusiawi. LaTeX juga mengubah perhatian pemakai yang semula terkonsentrasi pada masalah tipografi serta format dokumen. Dua hal ini di dalam LaTeX sudah ditangani oleh desainer dokumen sehingga pemakai tinggal memikirkan struktur serta isi dokumen yang ia tulis.

Anda mungkin kenal file html yang menampilkan tulisan serta gambar di browser internet. Seperti file html, file LaTeX berisi kode-kode perintah penulisan teks atau formula. Kode-kode tersebut ditulis dalam bentuk ASCII (teks biasa) dan sebenarnya sangat logis.
from : http://www.komputasi.lipi.go.id/utama.cgi?cetakartikel&1122899390

Nah udah kebayang kah kalian latex itu apa?? masih belum?? oke akan saya share lagi tentang Latex.

Latex umumnya digunakan oleh kalangan dosen, mahasiswa, dan peniliti bidang sains. Hal itu dikarenakan menggunakan latex lebih mudah dalam membuat dokumen/artikel ilmiah yang berisi banyak bahasa matematika. Namun sekarang Latex sekarang biasa digunakan dalam dokumen bisnis, kesekretariatan, media cetak, dan juga sastra.  Latex bahkan bisa digunakan untuk mengolah kata dalam bahasa Arab, Jepang, China, dan lain-lain.

Perbedaan Latex dengan Microsoft Word adalah…

  1. Pastinya tampilan kedua program ini beda (ya iyalah)
  2. Di latex menggunakan perintah-perintah berkode yang diawali dengan backslash \ di Ms Word tidak
  3. Pengaturan di Latex umunya otomatis mengikuti format dokumen tertentu (misal American Mathematics Society- Amsart) sedangkan MS.Word tidak
  4. Penggunaan simbol-simbol matematika di Latex cukup mengetik contoh \epsilon kalau di MS.Word dengan menggunakan menu Insert-object yang tentunya lebih memakan banyak waktu.
  5. Pengaturan rumus di tengah / lurus terhadap tanda “=” mudah sedangkan dalam MS.Word agak susah (menurut saya)

sekian dulu info tentang software Latex. Semoga bermanfaat.

berikut Texmaker editor untuk Latex, silahkan di download di : http://www.ziddu.com/download/12321204/texmakerx199a_win32-install.exe.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: