Aku ngurus magang di BI


Just share ajah…

Kemaren Selasa tanggal 30 November 2010,aku beranikan diri untuk meng-Apply magang di BI cabang Bandung.  Sendirian aku datang ke Kantor BI cabang bandung. Dengan berlagak sok tahu, aku masuk mengikuti pegawai BI yang ada di depanku masuk gerbang depan. Setelah parkir motor, aku tanya ke Petugas Keamanan, dibagian mana gedung BI tempat untuk meng-apply magang. Petugas menjawab dengan ramah, “langsung jalan ke depan itu mas, di bagian ekspedisi”. “Makasih pak” jawabku. Kemudian aku berjalan tak terlalu jauh, kira2 30 meteran lah, ke bagian ekspedisi. Disanalah, aku langsung bertanya tata cara mendaftar magang. Dari pegawai BI disana, hanya cukup membawa CV, surat pengantar Univ dan Foto  kemudian menunggu panggilan dari bagian SDM. Tanpa berlama-lama aku keluarin semua (CV, Surat pengantar dari tas dan foto dari dompet). Tanpa persiapan yang matang banget aku ini, misal di kasih Map lah ato apa lah biar lebih rapi, heheheh… kemudian aku bertanya waktu tutup kantornya, beliau menjawab jam 4 sore. Setelah itu aku pulang, balik ke kampus ada kuliah jam 2 siang Pengantar Optimasi dan aku akan masuk. Dari pagi udah ga da kuliah (Ankom kosong tapi di isi ma Sammy kemudian TP juga ga da yang masuk).

Jadi,

Untuk melakukan magang kita butuh surat pengantar dari prodi. Caranya :

  1. Kita minta dibuatin suratnya ke Mas Adam (yang berjenggot) yang di T.U Matematika.
  2. Informasi yang dibutuhkan oleh mas adam untuk membuat surat pengantar adalah
  • Nama, NIM (data diri kita)
  • Alamat Surat yang dituju, misal Direksi Bank Indonesia cabang Bandung atau HRD suatu perusahaan
  • Alamat Magang (Jalan apa, nomor berapa)
  • Keperluan : Permohonan Magang
  • Alasan Magang misal, menambah pengalaman di dunia kerja, mengaplikasikan ilmu dari bangku kuliah, dln
  • lama magang  dan waktu magang(dari tanggal berapa -mpe berapa)

3.  Setelah itu tunggulah beberapa hari, karena surat yang dibuat mas adam harus di tanda tangani dulu ke Pak Janson  kemudain dibawa ke TU Fakultas.

4. Biasanya kalo udah jadi di taruh di Map merah di meja depan TU Prodi Mtk, jangan lupa fotokopi satu untuk arsip mas adam.

5. Untuk ke BI bandung kemarin aku diminta Surat pengantar dr Univ, CV, dan foto diri kita. Kemudian disuruh menunggu panggilan dari bagian SDM BI

4 responses to this post.

  1. Posted by iin on 15 Januari 2011 at 20:44

    trus diterima gaaakk?
    ktanya dapet uang lelah gtu ya?
    mohon infonya🙂

    Balas

  2. Posted by rina on 21 Januari 2011 at 16:54

    mas, mau nanya sekarang udah dapat panggilan belum dari bi??
    aq juga pengen magang disana..beneran cm itu syaratnya..mau nyoba juga ah.. :))
    tnx ya share nya..

    Balas

    • huhuhu… maaf baru bls.
      Saya kmrn ngajuin untuk tanggal 20 desember sampai 20-an januari, mengingat kuliah saya tanggal 24 januari uda mulai.
      namun di akhir2 desember saya dapet panggilan untuk mulai magang tanggal 6 januari,
      beuh…otomatis saya tolak, karena ntar kuliah ku gimana dan sedang ada amanah lain…
      gitu mbak rina.
      jadi, saran saya untuk waktu magang waktu liburan panjang ajah(liburan smt genap), agar bisa fleksibel. karena kmrn itu liburan smt ganjil, yang cuma sebulan lebih sedikit, yah mepet ajah kalo mereka mengganti waktu magangnya… hehhehe… jadi ga jadi magang deh. T.T

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: