MKK05 Pengenalan Program Kerja Rutin Dept. Keuangan


Pada Departemen Keuangan, program kerja bisa dikategorikan menjadi 2 jenis, Rutin per Bulan dan insidental(sesuai waktunya). Berikut ini penjelasan tentang apa saja Program Kerja Dept.Keuangan KOKESMA 2011 :

 

Rutin per Bulan

 

1. Pemeriksaan Bukti Belanja : Memerikasa bukti-bukti pengeluaran guna pembayaran, surat-surat kesepakatan kerjasama, faktur-faktur dan kuitansi kuitansi. intinya memeriksa setiap pengeluaran/pemasukan harus ada buktinya.

 

Pada pelaksanaannya, pemeriksaan bukti2 belanja div usaha, untuk Tokema sudah rapi dan sangat mudah(di buat Teh nani). Untuk KBL agak rumit, mengingat beberapa tulisan sulit dibaca dan penyimpanan yang kurang rapi. Untuk CIC cukup rapi oleh karyawannya. Kemudian untuk Pusat, sebenarnya ini yang agak sulit, karena menuntut kedisiplinan pengurus. Karena, divisi non usahakenyataannya banyak bukti pembayaran yang ga ada ataupun hilang. Kemudian blm ada penyimpanan yang khusus.(akan saya buat). 

 

# jangan lupa mencatat tanggal pemeriksaan dan hasilnya.

 

2. Penyusunan Laporan Keuangan : Memindahkan pencatatan yang sudah dibuat karyawan dan sudah di cek lewat proker nomor (1) ke dalam software excel. Hasil dari laporan keuangan yang dibuat meliputi laporan Laba-Rugi, Neraca, dan laporan Arus kas. 

 

agar tidak memperberat kerja proker ini, sebaiknya di cicil seminggu sekali. semua data ada dikaryawan. Tokema, Pusat, KBL ada di Teh nani. sedangkan CIC ada di Kary CIC, pak Rida. Kemudian perlu di ingat, pembuatan Laporan Keuangan ini penting sebagai penunjuk kinerja div.usaha dan bahan analisa untuk kedepannya. Dan idealnya, laporan keuangan bisa terbit tiap bulan sekali. 

 

3. Analisa Laporan keuangan : melakukan analisa dari hasil laporan keuangan. Hasil dari laporan tersebut diserahkan pada masing-masing kadiv.usaha ataupun pengurus yang membutuhkannya. Beberapa analisa yang dipakai :

  • Omzet : bisa diliat dari labarugi tiap bulannya. Analisa ttg omzet biasanya membandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya dan juga bulan itu pada tahun kemarin. Untuk melihat lebih rinci jenis produk apa yang naik/turun bisa juga di liat di labarugi.  Tokema ada pada software Zahirnya, untuk KBL dan CIC ada di labarugi nya. Dan agar lebih baik, untuk setiap bulan para kadiv usaha menetapkan target omzetnya.
  • Laba/Rugi Bersih : bisa diliat di labarugi juga. Sama seperti Omzet proses menganalisanya.
  • Biaya Operasional : Biaya operasional dan rinciannya bisa dilihat di labarugi. Sama seperti omzet menganalisanya.
  • Grafik : dengan cara membuat grafik dari 3 aspek di atas. dan bisa juga mencari hubungan antara biaya operasional dan
  • Intisari Statistik Deskriptif: bisa menggunakan intisari statistik (mean, standar deviasi, variansi, dln)

 

4. Perhitungan Kas Riil/Cash Opname : memeriksa kas yang dibawa dan dipegang karyawan dan saldo akhir pada laporang keuangan. Tokema,KBL, dan Pusat bisa di teh nani,untuk CIC ke Pak Rida.

 

# jangan lupa mencatat tanggal pemeriksaan dan hasilnya.

 

5. Pelatihan SDM KOKESMA : pelatihan ini untuk semua pengurus kokesma. Sebaiknya diadakan rutin minimal sebulan sekali. Untuk bentuk pelatihan dibikin sederhana aja, sharing-sharing aja tentang bagaimana membaca keuangan, bagaimana menganalisanya dan mendiskusikan untuk tindakan kedepannya. Tujuannya agar div.usaha juga dapat inputan dari pengurus.

 

6. Pengurusan pajak pasal 21 :  pengurusan PPh pasal 21 dari karyawan, setiap bulannya maksimal tanggal 20. Jika sekarang Bulan Oktober, maka di berkas bulan pajaknya September.  

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: